Kamis, 21 Mei 2015

Manfaat Kesehatan Seledri


Seledri merupakan sayuran milik keluarga Apiaceae. Sayuran yang memiliki tangkai renyah, orang sering mengkonsumsi sebagai camilan rendah kalori. Namun, seledri tidak hanya makanan rendah kalori yang baik. Seledri dianggap bermanfaat bagi saluran pencernaan dan sistem kardiovaskular.

Selain itu, bibit tanaman seledri juga sering digunakan dalam pengobatan untuk membantu meringankan rasa sakit.

Sumber gizi seledri

- Antioksidan
Seledri adalah sumber yang sangat kaya antioksidan. Sayuran ini mengandung fitonutrien berikut: fenolik asam, flavonol, dihydrostilbenoids, flavon, furanocoumarins, dan pitosterol.

- Vitamin dan mineral
Seledri sangat kaya akan vitamin K dan juga mengandung folat, vitamin A, kalium, dan vitamin C.

- Serat makanan
Seledri terutama mengandung banyak air namun juga menyediakan cukup banyak serat makanan. Sayuran ini mengandung 1,6 gram serat per 100 gram.


Potensi manfaat kesehatan dari seledri

Potensi manfaat kesehatan seledri (dan bijinya) adalah:

- Menurunkan tekanan darah

Tidak ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa bibit seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah. Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal menilai efek seledri (Apium graveolens) ekstrak biji terhadap tekanan darah (BP) di normotensif dan deoxycorticosterone asetat-induced hipertensi rats.

Para penulis studi menyimpulkan bahwa ekstrak biji seledri memiliki sifat antihipertensi, yang tampaknya disebabkan oleh tindakan hidrofobik aktif merupakan seperti NBP dan dapat dianggap sebagai agen antihipertensi dalam perawatan kronis peningkatan BP.

Mencegah kanker

Seledri mengandung flavanoid yang disebut luteolin. Para peneliti percaya bahwa flavonoid tertentu dapat dimiliki sifat anti-kanker. Sebuah studi yang diterbitkan mengatakan bahwa studi epidemiologi baru-baru ini telah dikaitkan properti pencegahan kanker ke luteolin. Para penulis studi ini mengatakan bahwa "luteolin peka sel kanker sitotoksisitas terapi-diinduksi melalui jalur menekan kelangsungan hidup sel.

Manfaat lainnya yang mungkin

Manfaat lain yang mungkin termasuk: mengobati nyeri sendi dan menenangkan sistem saraf. Namun, bukti ilmiahbelum cukup untuk sepenuhnya mendukung claim.

Risiko dan tindakan pencegahan

Seledri merupakan sekelompok kecil makanan yang dapat menyebabkan reaksi alergi yang paling parah - berpotensi menyebabkan syok anafilaksis fatal. Oleh karena itu, orang-orang yang alergi terhadap sayuran harus sangat berhati-hati dan memeriksa label makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar