Kamis, 21 Mei 2015

Manfaat Kesehatan Peterseli

Peterseli sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk meningkatkan rasa atau presentasi hidangan yang sudah ada. Menggunakan herbal dan rempah-rempah seperti peterseli dalam memasak adalah cara yang bagus untuk meningkatkan rasa dan melihat hidangan tanpa menambahkan natrium, tetapi juga cara untuk memberikan nutrisi tambahan dan manfaat kesehatan pada saat yang sama.

Menurut database USDA Nutrient Nasional, 10 tangkai peterseli mengandung 4 kalori, 0,3 gram protein, 0,1 gram lemak, 0,6 gram karbohidrat, 0,3 gram serat dan 0,1 gram gula. Hanya 10 tangkai menyediakan 205% vitamin K dibutuhkan untuk hari itu, serta 22% dari vitamin C dan 17% vitamin A.


Manfaat kesehatan yang bisa di dapat dari mengkonsumsi peterseli

- Mencegah Kanker

Myricetin, sebuah flavonol yang ditemukan di peterseli dan tanaman lainnya, telah terbukti memiliki efek kemopreventif pada kanker kulit. Ubi jalar, peterseli, blackcurrant dan cranberry adalah salah satu makanan yang mengandung konsentrasi tertinggi myricetin (per 100 gram).

Peterseli, herbal hijau dan sayuran yang mengandung jumlah tinggi klorofil telah terbukti efektif memblokir efek karsinogenik amina heterosiklik, yang dihasilkan ketika memanggang makanan pada suhu tinggi.

Sebuah bahan kimia alami yang ditemukan dalam peterseli, seledri dan tanaman lainnya yang dikenal sebagai apigenin telah ditemukan untuk mengurangi ukuran tumor dalam bentuk agresif dari kanker payudara dalam sebuah studi terbaru. Para peneliti mengatakan bahwa ini menunjukkan apigenin menjadi pengobatan non-toksik yang menjanjikan untuk kanker di masa depan.

- Mencegah diabetes

Myricetin juga telah dievaluasi untuk efektivitas dalam pengobatan dan pencegahan diabetes. In vitro dan studi hewan telah menunjukkan myricetin yang dapat menurunkan gula darah serta menurunkan resistensi insulin dan memberikan efek anti-inflamasi dan anti-hiperlipidemia.

- Meningkatkan kesehatan tulang

Kekurangan vitamin K telah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi untuk patah tulang. Konsumsi cukup vitamin K (peterseli menyediakan hanya 10 tangkai) meningkatkan kesehatan tulang dengan bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi calcium.

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dari semua jenis telah lama dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai kondisi kesehatan yang merugikan. Semakin banyak makanan yang Anda konsumsi yang tumbuh dari bumi dibandingkan diproduksi, Anda akan semakin sehat. Adalah penting untuk menyadari bahwa isolasi satu bahan kimia atau vitamin dari makanan akan hasil tidak mungkin dalam manfaat kesehatan yang sama seperti mengkonsumsi dalam bentuk seluruh makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar