Kamis, 06 September 2018

Cara Menggunakan Minyak Castor untuk Meredakan Sembelit

Banyak orang tidak menyukai rasa minyak jarak dan mungkin menganggapnya lebih sebagai musuh daripada teman. Namun, minyak jarak memiliki beberapa manfaat kesehatan. Secara khusus, itu dapat membantu meringankan sembelit.

Minyak jarak tidak digunakan sesering dulu. Namun, ini dapat bermanfaat sebagai pengobatan sesekali untuk sembelit, asalkan Anda dapat mentoleransi rasa dan efek sampingnya.
Apa itu Sembelit?

Ketika Anda mengalami konstipasi, Anda tidak memiliki gerakan usus sesering yang seharusnya, atau bangku Anda sulit untuk dilewati. Definisi standar konstipasi adalah memiliki kurang dari tiga gerakan usus per minggu.

Setiap orang pergi ke kamar mandi dengan jadwal yang berbeda. Beberapa orang mengalami beberapa kali buang air besar per hari, dan orang lain hanya memiliki satu gerakan usus per hari atau pergi setiap dua hari sekali. Setiap penurunan gerakan usus yang tidak normal untuk Anda mungkin merupakan tanda sembelit.

Bangku yang keras dapat memaksa Anda untuk tegang ketika mencoba pergi ke kamar mandi. Konstipasi kronis juga menyebabkan gejala seperti sakit perut dan kembung.
Bagaimana minyak jarak digunakan untuk mengobati sembelit?

Minyak jarak berasal dari biji jarak. Orang-orang telah menggunakan minyak ini sebagai pencahar selama ribuan tahun, tetapi baru-baru ini saja para ilmuwan menemukan cara kerjanya.

Para peneliti telah menemukan bahwa asam ricinoleic, asam lemak utama dalam minyak jarak, mengikat reseptor pada sel otot polos dinding usus Anda. Setelah asam ricinoleic mengikat reseptor ini menyebabkan otot-otot berkontraksi dan mendorong keluar tinja, seperti halnya obat pencahar stimulan lainnya. Minyak jarak memiliki efek yang sama pada rahim, itulah sebabnya ia telah digunakan untuk menginduksi persalinan.

Minyak jarak tampaknya efektif untuk menghilangkan konstipasi, dan bekerja dengan cepat. Sebuah penelitian pada 2011 terhadap orang dewasa yang lebih tua dengan konstipasi kronis menemukan bahwa penggunaan minyak jarak mengurangi ketegangan dan memperbaiki gejala sembelit.
Apa Penyebab Sembelit?

Penyebab konstipasi sering merupakan diet yang kaya serat dan cairan. Jika Anda tidak mendapat cukup serat dan air, bangku Anda menjadi keras dan kering. Jika ini terjadi, bangku Anda tidak dapat bergerak dengan mudah melalui usus Anda.

Beberapa obat juga dapat menyebabkan sembelit sebagai efek samping. Obat-obat ini termasuk:

    antasida
    obat antiseizure
    obat-obatan yang menurunkan tekanan darah
    suplemen zat besi
    obat penghilang rasa sakit narkotik
    obat penenang
    beberapa antidepresan

Kondisi medis tertentu juga dapat menyebabkan sembelit, seperti:

    penyempitan usus besar
    kanker usus besar
    tumor lain dari usus
    kondisi yang mempengaruhi otot-otot di usus, seperti multiple sclerosis, penyakit Parkinson, dan stroke
    diabetes
    kelenjar tiroid yang kurang aktif, atau hipotiroidisme

Beberapa orang menemukan bahwa mereka kadang-kadang mengalami konstipasi, seperti ketika mereka bepergian. Wanita hamil mungkin mengalami konstipasi akibat perubahan hormonal. Gerakan usus juga lambat seiring bertambahnya usia, menyebabkan beberapa orang dewasa yang lebih tua mengalami konstipasi kronis.
Siapa yang Dapat Menggunakan Minyak Jarak untuk Sembelit?

Karena minyak jarak dapat menyebabkan rahim berkontraksi, itu tidak dianjurkan selama kehamilan. Itu juga tidak disarankan untuk penggunaan reguler pada anak-anak di bawah usia 12 tahun. Jika Anda ingin memberikan minyak jarak ke anak Anda, tanyakan dokter anak mereka terlebih dahulu. Pada orang dewasa di atas 60 tahun, minyak jarak dapat membuat masalah usus lebih buruk jika digunakan dalam jangka panjang. Itu juga dapat menurunkan jumlah kalium dalam tubuh Anda.

Anda mungkin perlu menghindari minyak jarak jika Anda meminum obat-obatan tertentu, termasuk:

    diuretik, yang juga dapat menurunkan jumlah kalium dalam tubuh Anda
    antibiotik, termasuk tetrasiklin
    obat-obatan tulang
    Pengencer darah
    obat-obatan jantung

Baca lebih lanjut: 5 solusi aman untuk sembelit dalam kehamilan »

Selain memiliki apa yang banyak dianggap sebagai rasa tidak enak, minyak jarak memiliki beberapa efek samping. Seperti obat pencahar stimulan lainnya, dapat menyebabkan kram dan diare. Itu juga dapat mengurangi penyerapan nutrisi di usus Anda.
Cara Menggunakan Minyak Jarak

Minyak jarak adalah cairan yang Anda ambil melalui mulut. Ada obat pencahar lain yang bekerja perlahan dalam semalam, tetapi minyak jarak paling baik dikonsumsi pada siang hari karena bekerja dengan cepat.

Dosis minyak jarak yang digunakan untuk mengobati sembelit pada orang dewasa adalah 15 mililiter. Untuk menutupi rasanya, masukkan minyak jarak di kulkas setidaknya selama satu jam untuk mendinginkannya. Kemudian, campurkan ke dalam segelas penuh jus buah. Anda juga dapat membeli olahan minyak jarak.
Berapa Lama Anda Harus Menggunakan Minyak Jarak untuk Sembelit?

Minyak jarak bekerja sangat cepat. Anda akan melihat hasilnya dalam dua hingga enam jam setelah mengambilnya. Karena minyak jarak bekerja sangat cepat, bukanlah ide yang baik untuk meminumnya sebelum tidur seperti yang Anda lakukan dengan obat pencahar lainnya.

Seperti halnya pencahar stimulan, minyak jarak tidak harus diambil dalam jangka panjang. Seiring waktu, itu dapat mengurangi tonus otot di usus Anda dan menyebabkan konstipasi kronis. Jika Anda terus mengalami konstipasi, temui dokter Anda untuk opsi perawatan lain.

Baca lebih lanjut: 6 pengobatan sembelit alami »
Tips untuk Mencegah Sembelit
Perubahan Gaya Hidup

Seringkali, cara terbaik untuk mencegah sembelit adalah dengan diet dan olahraga. Dapatkan lebih banyak serat dengan menambahkan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh untuk makanan Anda. Serat melembutkan tinja Anda dan membantu meloloskannya lebih mudah melalui usus Anda. Usahakan mengonsumsi 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori yang Anda konsumsi. Juga, minum lebih banyak cairan untuk membuat kursi Anda lebih lembut.

Tetap aktif di sebagian besar hari dalam seminggu. Sama seperti latihan melatih otot-otot di lengan dan kaki Anda, itu juga memperkuat otot-otot di usus Anda.

Cobalah pergi ke kamar mandi pada waktu yang sama setiap hari. Jangan terburu-buru ketika Anda pergi ke kamar mandi. Anda harus duduk dan memberi diri Anda waktu untuk buang air besar.
Obat pencahar

Jika Anda masih tidak bisa pergi, cobalah pencahar. Berikut ini adalah beberapa opsi:

    Suplemen serat seperti Metamucil, FiberCon, dan Citrucel memberikan tinja Anda lebih banyak sehingga lebih mudah untuk mendorong keluar.
    Osmotik seperti Milk of Magnesia dan polyethylene glycol (MiraLax) membantu menjaga cairan dalam tinja untuk melembutkannya.
    Pelunak feses seperti Colace dan Surfak menambahkan cairan ke tinja untuk melembutkannya dan mencegah mengejan saat buang air besar.
    Stimulan seperti Dulcolax, Senokot, dan Purge mendorong keluar kotoran dengan mengontraksikan usus. Obat pencahar jenis ini efektif, tetapi dapat menyebabkan efek samping seperti diare.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar